Jakarta (JDN) – Dunia digital sudah menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan dari industri event, terlepas dari ada atau tidaknya COVID-19 nantinya. Perusahaan event perlu meningkatkan diri, dan berinovasi. Sekarang ini event hybrid adalah pilihan relastis daripada bertindak sembrono.

Acara hibrida sendiri dilatarbelakangi oleh bagaimana industri event terus bergerak, dan beradaptasi untuk menghadirkan acara bagi masyarakat, klien, atau stakeholder. Berdiam diri saja, bukan pilihan yang tepat. Kerja sama dengan penyelenggara pameran seperti berkolaborasi dengan penyedia layanan teknologi, dan pihak-pihak terkait lainnya, semakin terbuka. Supaya acara hibrida bisa berjalan lancar, banyak elemen yang harus dipadukan.

Pameran otomotif. Daihatsu memimpin pasar otomotif kelas menengah (Foto Mulia Nasution)


Salah satu event hibrida adalah Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021. Acara in mendapat restu untuk menjalankan acara secara hybrid (ofline dan online) di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta pada 15 April hingga 25 April mendatang dengan pembatasan kunjungan setiap harinya.

“Kami berharap penyelenggaraan acara ini dapat membuka peluang bagi industri MICE dan event organizer lainnya agar mendapatkan kesempatan menyelenggarakan acara yang dimiliki dan terus berkarya menyesuaikan aturan new normal,” ungkap Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh dalam keterangan resminya, seperti dikutip Antaranews.

Selain itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani juga menyambut baik berkat adanya penyelenggaraan IIMS Hybrid 2021. Nantinya akan menjadi contoh bagi promotor lain untuk menjalankan event, menghidupkan kembali perekonomian bangsa di tengah kondisi COVID-19.

” Dyandra mempersiapkan, dan menjalankan pameran dengan memenuhi standar protokol kesehatan. Nantinya akan menjadi percontohan bagi yang lain, baik acara yang akan dilakukan event organizer lainnya, atau acara yang akan dihelat oleh Pemerintah Daerah,” kata Rizki Handayani.

Pameran mobil Daihatsu diminati pengunjung (Foto Mulia Nasution)



Dalam hal ini, perusahaan dari anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mandiri Tunas Finance (MTF) juga memberikan dukungan kepada Dyandra selaku promotor dari IIMS Hybrid 2021.

“Relaksasi PPnBM berdampak positif terhadap sektor otomotif, sehingga MTF memberanikan diri dengan Dyandra untuk ikut serta dalam acara ini. Kami berusaha ikut mendorong perekonomian Indonesia,” kata Kepala Divisi Strategic Marketing & Communication Mandiri Tunas Finance, Afri Feder Fauzi.

Sebagai tuan rumah acara IIMS Hybrid 2021, Marketing Director PT Jakarta International Expo (JIExpo), Ralph Scheunemann juga memberikan dukungan atas diselenggarakannya IIMS Hybrid 2021 yang akhirnya dapat digelar setelah tertunda selama satu tahun.


“Ini kesempatan yang baik dan momen kebangkitan dunia MICE khususnya exhibition, dimana Dyandra mendapatkan kesempatan yang pertama mendapatkan izin menyelenggarakan pameran,” tutur Ralph.
Para konsumen yang sudah tidak sabar untuk membeli kendaraan baru di IIMS Hybrid 2021. Nantinya akan ikut bergabung merek seperti BMW, DFSK, Honda, MG, Mini, Mitsubishi, Prestige, Renault, Toyota, Wuling.
Kendaraan roda dua nantin akan ada sebanyak sembilan brand ternama yaitu Astra Honda Motor, Benelli, Italjet, Kawasaki, NIU, Royal Alloy, Royal Enfield, Selis, Velocifero hingga puluhan brand Aftermarket selama sebelas hari gelaran IIMS Hybrid 2021 nanti.