Ilustrasi pembayaran pajak

Jakarta– Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara megimbau seluruh wajib pajak (WP) agar segera melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak 2020 yang akan berakhir bulan ini. Bukan hanya itu, WP diminta juga ikut mengampanyekan kepada orang terdekat.

“Saya mohon WP bukan hanya selesaikan pajak sendiri tapi juga ikut mengajak dan menyampaikan kepada kerabat, teman, handai tolan, grup-grup WhatsApp yang jadi anggota,” katanya saat sambutan pada acara secara digital, Senin (23/3/2021) sebagaimana dikutip dari bisnis.com.

Suahasil menjelaskan bahwa saat ini adalah saatnya bagi WP untuk membantu negara di saat pandemi. Caranya hanya dengan melaporkan SPT dan membayar pajak yang terutang jika memang perlu dilengkapi. Situasi saat ini, terangnya, perlu gorong royong dan kebersamaan untuk menanggulangi Covid-19.

Dana yang dibutuhkan negara sangat besar, yaitu Rp 2.750 triliun berdasarkan belanja pemerintah. Uang tersebut sebagian besar dikumpulkan melalui pajak. Semuanya dilakukan untuk pemulihan ekonomi.

Warga sedang mendapatkan pelayanan terkait pelaporan pajak (pajak.go.id)

Pemerintah juga secara khusus memantau dari belanja tersebut yang hampir Rp 700 triliun dialokasikan untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Uangnya dari mana? Tentu dari pajak yang dibayar. Ketika SPT dilaporkan dengan benar, maka kita sudah membantu negara. Ikut serta membiayai Rp 2.750 triliun untuk keperluan pemulihan ekonomi dan Rp 700 triliun yang kita pantau sebagai program PEN,” jelasnya.