Ilustrasi Kota Beijing. [Foto: Istimewa]
Jakarta [JDN] – Beijing saat ini tercatat sebagai kota yang memiliki miliarder terbanyak ketimbang kota lain di dunia. Demikian daftar tahunan terbaru tentang orang terkaya di dunia versi Forbes.

Forbes mengungkapkan, Ibu kota China itu menambah 33 miliiarder tahun lalu dan sekarang ditempati 100 orang.

Beijing mengalahkan New York City, yang menampung 99 orang dan telah memegang peringkat teratas selama tujuh tahun terakhir.

Diperkirakan, prestasi Beijing itu juga terkait kemampuan negara tersebut menahan laju penyebaran Covid-19 dengan cepat, lalu adanya kebangkitan perusahaan teknologi, dan kondisi pasar saham.

Namun, walaupun Beijing sekarang memiliki lebih banyak miliarder daripada Big Apple, kekayaan bersih gabungan miliarder Kota New York tetap lebih besar atau US$ 80 miliar lebih besar daripada di Beijing.

Penduduk terkaya di Beijing adalah Zhang Yiming, pendiri aplikasi media sosial TikTok dan kepala eksekutif dari perusahaan induknya ByteDance. Kekayaan bersihnya naik dua kali lipat menjadi US$ 35,6 miliar.

Sebaliknya, penduduk terkaya di Kota New York adalah mantan Wali Kota Michael Bloomberg yang memiliki kekayaan senilai US$ 59 miliar.

Bisnis Digital

China dan AS, sama-sama mengalami peningkatan dalam bisnis teknologi mereka. Sejumlah raksasa teknologi dua negara itu tumbuh pesat. Apalagi saat pandemic, karena lebih banyak orang berbelanja daring dan mencari sumber hiburan.

Forbes memasukkan Hong Kong dan Makau ke dalam angka-angka untuk China. Otomatis menambahkan lebih banyak miliarder ke daftar itu daripada negara lain secara global, dengan 210 pendatang baru.

Setengah dari miliarder baru China memperoleh kekayaan dari manufaktur atau usaha teknologi. Saat ini ada juga pendatang baru yakni miliarder perempuan Kate Wang yang menghasilkan uang dari rokok elektrik.

Saat ini total ada  698 miliarder di China. Jumlahnya mendekati AS, yang masih memimpin jumlah orang kaya dengan total 724 miliarder.

Forbes mencatat adanya rekor 493 pendatang baru bergabung dalam daftar secara global tahun lalu. “Kira-kira satu miliarder baru setiap 17 jam,” kata Forbes.

India memiliki jumlah miliarder tertinggi ketiga, dengan jumlah 140 orang. Secara total, 1.149 miliarder dari Asia Pasifik memiliki kekayaan US$ 4,7 triliun, dibandingkan dengan miliuner AS sebesar US$ 4,4 triliun.

Jeff Bezos, pendiri dan kepala eksekutif Amazon, tetap menjadi orang terkaya di dunia selama empat tahun berturut-turut. Kekayaan bersihnya tumbuh sebesar U$$ 64 miliar menjadi US$ 177 miliar tahun lalu. [BBC/YS]