Grafik perjalanan daftar orang terkaya versi Forbes. [Foto: Forbes.com]
Jakarta [JDN] – Bos Amazon Jeff Bezos masih menjadi orang terkaya di jagat tahun 2021 menurut perhitungan Forbes. Total kekayaan pria asal AS ini mencapai US$ 177 miliar atau sekitar Rp 2.579 triliun. Nomor urut kedua ditempati bos mobil listrik Tesla, Elon Musk. Pria asal AS yang juga pemilik SpaceX ini mempunyai kekayaan US$ 151 miliar. Tempat ketiga dipegang keluarga asal Prancis, Bernard Arnault dengan brand fashion LVMH atau Luis Vuitton.

“Walau pandemi, ini adalah tahun rekor bagi orang terkaya di dunia, dengan lonjakan kekayaan US$ 5 triliun dan (munculnya) sejumlah miliarder baru yang belum pernah terjadi sebelumnya,” demikian dilansir Forbes, 6 April 2021.

Disebutkan, jumlah miliarder dalam daftar tahunan Forbes ke-35 itu melonjak menjadi 2.755 atau naik 660 lebih dari setahun yang lalu. Secara keseluruhan, total kekayaan mereka senilai US$ 13,1 triliun, naik dari US$ 8 triliun pada daftar tahun 2020.

Ada rekor tertinggi dari 493 pendatang baru yang masuk daftar, atau sekitar satu miliarder baru setiap 17 jam, termasuk 210 dari China, Hong Kong, dan 98 dari AS. Pendatang baru terkaya, dengan total kekayaan US$ 38,2 miliar adalah Miriam Adelson dari Nevada. Ia mewarisi harta kekayaan suaminya, Sheldon Adelson, pemilik kerajaan kasino yang meninggal dunia Januari lalu.

Pendatang baru penting lainnya termasuk produser film dan TV Tyler Perry, pendiri aplikasi kencan Bumble Whitney Wolfe Herd, miliarder wanita termuda di dunia. Juga ada Guillaume Pousaz dari Eropa, pendiri perusahaan pembayaran Checkout.com.

Forbes mencatat ada 250 orang lainnya yang pernah keluar dari daftar miliarder di masa lalu, masuk kembali. Secara keseluruhan, ada hal mengejutkan, ternyata 86% dari seluruh miliarder makin kaya jika dilihat dari total kekayaan mereka pada tahun lalu.